Rabu, 30 Januari 2013

TIDUR SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW




Cara tidur sehat dapat mengurangi resiko sakit punggung dan pegal-pegal serta memperpanjang umur manusia. Tidur merupakan kebutuhan manusia yang mengharuskan manusia untuk mengistirahatkan otaknya supaya tidak stres terhadap aktivitas yang dijalaninya. Cara tidur Nabi Muhammad SAW merupakan cara tidur yang sangat baik bagi kesehatan setiap posisi dan waktu yang beliau pilih sangat berguna bagi kesehatan bahkan jauh sebelum ilmu kedokteran berkembang seperti sekarang. Ibnu Qayyim berkata, “ Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proposional dan paling bermanfaat untuk badan, organ dan kekuatan ”.


1.    Posisi tidur Nabi Muhammad SAW adalah miring sebelah kanan. Kemudian beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung diatas hati. Kemudian beliau bertumpu pada sisi kanan lagi agar makanan segera larut dari lambung, jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. 



Selain bermanfaat bagi pencernaan ada 3 manfaat lain yang dapat diambil dari posisi miring tidur ke sebelah kanan yaitu:
a.    Untuk jalan nafas tidur miring mencegah agar lidah tidak jatuh kebelakang yang bisa menyumbat jalan nafas. Jika tidur pada posisi telentang maka relaksasi lidah pada saat tidur mengakibatkan penghalangan jalan nafas atau bisa mendengkur.
Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen. Orang tersebut biasanya akan bangun dalam keadaan pusing.
b.    Untuk jantung tidur miring kekanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya karena posisi jantung yang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru mendapat pasokan darah yang lebih banyak daripada paru-paru kiri
c.    Bagi kesehatan paru-paru, paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan paru-paru kanan. Jiak tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan itu tidak menjadi masalah karena paru-paru sebelah kanan lebih besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri jantung menekan paru-paru kiri yang kecil dan sangat tidak baik untuk kesehatan.

2.    Nabi Muhammad SAW juga meluruskan punggungnya saat tidur, manfaatnya supaya organ – organ dalam tidak tertekan dan dapat melancarkan peredaran darah.


3.    Sedikit menekuk kaki
Didunia kedokteran seorang dokter akan meminta pasiennya untuk menekukkan kakinya jika ingin memeriksa perut. Fungsi dari sedikit menekuk kaki adalah untuk mengendorkan otot – otot perut sehingga lebih mudah untuk memeriksa. Menekuk kaki sedikit pada saat tidur untuk menolong organ –organ dan otot – otot perut itu sendiri untuk relaksasi lebih sempurna


4.    Mengunakan telapak tangan sebagai bantal
Leher yang tidak lurus pada saat tidur akan menyebabkan sakit leher pada saat bangun tidur dan biasanya sembuhnya lama sehingga menyebabkan tidak terkontrol aktivitas sehari – hari. Maha suci allah yang menciptakan tangan sedemikina rupa sehingga apa bila kita melihat tidur dengan telapak tangan maka antara kepala, leher, dan punggung tercipta garis lurus.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar